Satpolairud Polresta Banyuwangi Melaksanakan Kegiatan Patroli Kawasan Obyek Vital Nasional

admin

Banyuwangi || Transisinews – Personel Satuan Polisi Perairan dan Udara Polresta Banyuwangi melaksanakan kegiatan patroli kawasan obyek vital nasional dalam memperkuat keamanan di kawasan perairan Selat Bali yang merupakan kawasan padat lalulintas perjalanan kapal dengan menggunakan Kapal Patroli jenis R I B 600 (Rigid Inflatable Boat) milik Ditpolairud Polda Jawa Timur.

Kegiatan patroli perairan di pimpin langsung oleh Kasat Satpolairud Polresta Banyuwangi Kompol Masyhur Ade, S.I.K, M.H beserta anggota Polair Polresta Banyuwangi yang di dampingin oleh Komandan Kapal RIB Aipda Basir serta Anggota Gabungan dari Ditpolair Polda Jatim, Rabu, (9/11/2022) berangkat dari Mako Satpolairud Polresta Banyuwangi menuju ke lokasi pelabuhan tikus dan kawasan obvitnas yang dinilai rawan tindak kejahatan.

Memberikan himbauan kepada nelayan dan Abk kapal yang sedang jangkar diarea perairan selat Bali untuk selalu mengawasi orang luar yang akan menyebrang Kebali dan apabila ada / terdapat orang luar yang mencurigakan agar di laporkan kepada pihak keamanan / Polisi, TNI maupun keamanan lainya agar di lakukan pendataan.

Kompol Masyhur yang mempimpin langsung kegiatan patroli menjelaskan Kapal Patroli jenis R I B 600 (Rigid Inflatable Boat) milik Ditpolair Polda Jatim ini akan berpatroli dan akan berada di Banyuwangi selama kegiatan internasional yang diselenggarakan di pulau Bali ini adalah kapal dengan kombinasi antara speedboat rigid yang terbuat dari FRP (fiber-kaca diperkuat poliester) dan tabung terbuat dari hypalon, yang menjaga stabilitas saat bermanuver sekaligus sebagai instumen  mengambang. Ia terinstall di FRP kaku, dapat overhauled, dan berubah. Khusus kualitas R I B ini, meskipun gelombang laut, masih aman, nyaman, dan stabil dalam kecepatan tinggi. Speedboat ini sangat cocok untuk Patroli di laut maupun di Sungai.

Menurut Kasat, kapal bermesin Yamaha yang memiliki 2 mesin dengan masing-masing mesin 250 PK dengan total 500 PK tersebut sangat lengkap peralatannya yang dapat membantu anggota selama menjalankan tugas patroli dan mengamankan kawasan perairan selat Bali dari tindak kejahatan melalui laut yang dilakukan oleh Oknum yang sengaja membuat kegaduhan, kapal yang di lengkapi alat seperti Marine Compass, GPS (Global Position System), Radar, Teropong Binacular, Lampu-lampu Navigasi, Radio VHF, Radio SSB Marine, Megaphone dan HT (Handy Talky) sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan Patroli perairan serta di lengkapi dengan alat-alat kenavigasian dan alat selam yang terdapat di kapal tersebut.

Di tempat yang sama Kanit Binmasair Aiptu I Gede Eka D Menjelaskan hasil patroli meliputi patroli obyek vital pelabuhan, kapal-kapal yang sedang berlabuh dan Abk kapal perairan tahuhan dan sekitarnya. Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan terhadap pelaku tindak kejahatan, juga guna mewujudkan Situasi Harkamtibmas Kondusif menjelang pelaksanaan KTT G-20 di Nusa Dua – Bali yang akan berlangsung pada tanggal 15 dan 16 November 2022.(Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *